Scorpio
225 besutan Elvin atau yang akrab di sapa EL ini adalah garapan ekstrem
kastem pertama dari Graha Motor Works. Dengan bermodalkan engine dan
leher komstir, GMW mencoba membangun scorpio EL dengan gaya bobber hot
rod. Konsep bobber yang diusung oleh empunya terinspirasi dari trend
bobber 200cc dari negeri paman sam sana, hardknock bobber 200cc menjadi
acuannya. Langkah awal adalah membuat ulang rangka. Selain tampilan
bobber hot rod, EL pun memberikan bekal untuk ubahan motornya, “gw mau motor agar tampilan motor terlihat padat dan tetap nyaman untuk dibawa daily riding atau hard riding sekalipun”.
Kepercayaan bro EL kapada GMW tidak bisa dianggap enteng. Maka dari itu
GMW merancang ulang Rangka. Dengan bermodalkan pengetahuan dari mbah
google dan youtube, GMW mencoba merancang rangka scorpio dengan konsep
rigid frame. Rangka dibuat dengan menggunakan pipa besi seamless ¾ dan
1,5 inc yang ditekuk-tekuk menggunakan bending pipe HMW 2-J. panjang
rangka melebihi dari panjang rangka aslinya. Bagian yang menyita waktu
cukup lama adalah merancang engine mounting, agar mesin terlihat pas dan
tidak getar ketika di ajak riding. Setelah rangka jadi, tinggal buat
bajunya. Gas tank dan rear fender dibuat dengan menggunakan plat
galvanis 1.2 mm. Rake depan dibuat sedikit centang dari aslinya dengan
ditopang oleh shock yamaha byson. Untuk segitiganya GMW merancang dan
mempercayakan dari mastom modif depok yang sudah biasa membuatnya. selain
membeli part custom, GMW pun mencoba membuat sendiri beberapa part
custom, seperti knuckle kickstater, axlplate, chain bracket, handlebar
dan beberapa part lainnya. Untuk kaki kaki GMW menggunakan Dengan velg
diamter 16 5 inc belakang dan 16 3 inc dan dibalut Ban shinko white wall
SR777 depan belakang depan menjadi kunci dari karakter ubahan bobber
dari scorpio. Part orisinil dari scorpio yang digunakan selain mesin
hanyalah tromol depan dan belakang saja. Setelah perakitan selesai, GMW
pun melakoni test ride sebelum di finishing.
Setelah test ride
oleh yang empunya dan dikatakan okeh, bobber pun mulai bersolek
mempergarang diri. Laburan kombinasi warna hitam solid, doft, merah,
putih serta sentuhan chorme menjadi andalannya. Untuk velg dilabur warna
merah agar kesan bobber hot rod-nya keluar. Lalu rangka menggunakan
hitam solid. Gas tank, rear fender, box elektrix and accu box
menggunakan hitam doft. Untuk sedikit menyamarkan karakter scorpio, GMW
mencoba menyiram mesin dengan warna hitam doft dengan dikombinasi
beberapa part chomre. Untuk mesin kami mempercayakan ozora powder
coating menggarapnya.Untuk kelistrikan GMW percayakan CMM (Clepuk Mingkem Modifications)
untuk menggarapnya. konsep elektrik untuk bobber menggunakan elektrik
stater mobil carry 1000. penempatan serta penggunaan kabel pun menjadi
bagian pengerjaan dari CMM agar terlihat rapih. penggunaan accu 9 volt
didukung pengapian dari ceetah power dan Regulator Ceetah Power membuat
performa bobber.
Dalam waktu 2 bulan efektif pengerjaan, GMW
berhasil mewujudkan sebuah impian EL, sebuah motor custom bertemakan
bobber hot rod dengan nama EL pio bobber. Gak tanggung tanggung,
si empunya bro El pun langsung menjajaki test ride seorang diri ke
puncak bogor. Sempat khawatir karena ini adalah motor custom perdana
kami. Tapi alhamdulillah tidak mengalami masalah selama perjalanan.
Data modifikasi
Ban : shinko R16 150 80 / F16 130 80
Stoplamp : custom
Headlamp : HD
Gear : SSS
salut bro.....red scorpio gw jadi pengen dicustom...
ReplyDeleteawesome!! kalo boleh tau, EL Pio Hot Rod Bobber ini butuh budget brp ya sampai finish?
ReplyDelete